UHF Versus VHF – Frekuensi Radio Dua Arah Mana yang Lebih Baik?

September 20, 2018 agen piala dunia 2018

Ada dua format utama untuk radio dua arah. Mereka adalah radio Ultra High Frequency (UHF) dan radio Very High Frequency (VHF). Baik pita frekuensi secara inheren lebih baik dari yang lain. Mereka masing-masing memiliki plus dan minusnya. Kedua format tersebut merupakan cara efektif untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tapi bagaimana Anda memutuskan yang mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Mari kita bahas komponen kunci dari kedua frekuensi untuk membantu Anda memutuskan.

Radio dua arah berkomunikasi satu sama lain melalui penggunaan gelombang radio. Gelombang radio memiliki frekuensi yang berbeda, dan dengan menyetel penerima radio ke frekuensi tertentu Anda dapat mengambil sinyal tertentu.

Gelombang radio ditransmisikan sebagai serangkaian siklus, satu demi satu. Anda akan selalu melihat singkatan "Hz" yang digunakan untuk menunjukkan frekuensi radio. Hertz sama dengan satu siklus per detik.

Gelombang radio diukur dengan kilohertz (kHz), yang sama dengan 1000 siklus per detik, atau megahertz (MHz), yang sama dengan 1.000.000 siklus per detik – atau 1000 kHz. Hubungan antara unit-unit ini adalah seperti ini: 1.000.000 Hertz = 1000 kilohertz = 1 megahertz.

Anda mungkin juga mendengar istilah "panjang gelombang" ketika Anda mendengar tentang gelombang radio. Istilah ini berasal dari masa-masa awal radio ketika frekuensi diukur berdasarkan jarak antara puncak dari dua siklus gelombang radio berturut-turut, bukan jumlah siklus per detik. Frekuensi rendah menghasilkan panjang gelombang yang lebih panjang.

Sementara panjang gelombang mengukur jarak antara puncak siklus, frekuensi mengacu pada berapa lama waktu yang diukur antara "puncak" dan "palung" dari gelombang yang tiba di sumber. Jadi frekuensi mengukur waktu daripada jarak, tetapi pada dasarnya keduanya mengatakan hal yang sama.

Apa yang signifikan tentang panjang gelombang untuk radio dua arah adalah bahwa ia mempengaruhi jangkauan transmisi dalam kondisi tertentu. Panjang gelombang yang lebih panjang sebagai aturan umum memungkinkan sinyal radio berjalan lebih jauh.

Frekuensi atau panjang gelombang yang lebih rendah memiliki daya tembus yang lebih besar. Itulah salah satu alasan mereka digunakan untuk berkomunikasi dengan kapal selam. Gelombang radio VLF (3-30 kHz) dapat menembus air laut hingga kedalaman sekitar 20 meter. Jadi kapal selam di kedalaman dangkal dapat menggunakan frekuensi ini.

Jadi dari apa yang Anda baca di atas, Anda mungkin berpikir VHF selalu menjadi pilihan yang lebih baik untuk radio dua arah di mana pun Anda menggunakannya. Itu belum tentu benar. Meskipun VHF memiliki kemampuan penetrasi yang lebih baik, itu tidak selalu menjadikannya pilihan yang lebih baik untuk bangunan. Ingat percakapan tentang panjang gelombang di atas? Panjang gelombang memiliki dampak besar pada transmisi.

Untuk menjelaskan ini mari kita asumsikan kita berkomunikasi dari satu sisi bangunan komersial ke sisi lain. Di antara dua titik ini adalah dinding logam dengan pintu tiga kaki di dalamnya. Logam adalah musuh bagi gelombang radio dan mereka biasanya tidak melewatinya.

Untuk contoh kita, mari kita asumsikan bahwa panjang gelombang UHF yang digunakan radio adalah sekitar satu setengah kaki panjang dan radio VHF serupa sekitar lima kaki panjangnya. Ini adalah rata-rata panjang gelombang normal mereka.

Ketika UHF mentransmisikan isyaratnya, kaki dan setengah gelombang panjang akan melewati pintu karena pintunya lebih lebar dari panjang gelombang. Sinyal VHF akan benar-benar tercermin karena lebih lebar dari pembukaan ke pintu.

Oven microwave Anda adalah contoh dari ini. Pintu depan kaca memiliki jaring logam dengan lubang yang sangat kecil. Gelombang mikro menjadi frekuensi sangat tinggi memiliki panjang gelombang yang hanya beberapa inci panjang. Jaring membuat gelombang mikro terperangkap di oven tetapi memungkinkan Anda untuk melihat ke dalam karena gelombang cahaya memiliki panjang gelombang mikroskopis.

Bayangkan berjalan melalui gedung membawa tiang selebar lima kaki. Anda akan menghadapi tantangan yang sama dengan pertemuan sinyal VHF. Sekarang bayangkan berjalan melalui gedung dengan sebuah tiang yang hanya selebar setengah kaki seperti gelombang UHF. Ada banyak lebih sedikit ambang pintu yang tidak bisa Anda lewati.

Satu-satunya perbedaan adalah bahwa sinyal nirkabel akan menembus melalui drywall, pasangan bata, tubuh manusia, furnitur, panel dinding, dan benda padat lainnya. Semua objek ini akan mengurangi kekuatan sinyal. Semakin padat objek, semakin banyak mengurangi sinyal. VHF akan menembus hambatan ini lebih baik daripada UHF, tetapi itu tidak berarti bahwa VHF lebih baik untuk aplikasi indoor seperti yang akan kita bicarakan di bagian UHF di bawah ini.

Dalam contoh kami di atas, kami berasumsi Anda memiliki dinding logam dengan bukaan. Jika Anda membalikkan ini dan Anda memiliki objek logam tiga kaki di depan radio pemancar, maka VHF akan menang. Karena objeknya selebar tiga kaki itu akan benar-benar memblokir sinyal UHF sedangkan sinyal VHF akan mengitarinya. Frekuensi yang lebih rendah seperti VHF difraksi sekitar rintangan halus besar lebih mudah, dan mereka juga melakukan perjalanan lebih mudah melalui batu bata dan batu.

Untuk sebagian besar aplikasi, frekuensi radio yang lebih rendah lebih baik untuk rentang yang lebih panjang. Stasiun TV siaran menggambarkan ini. Sebuah stasiun VHF khas beroperasi pada sekitar 100.000 watt dan memiliki jangkauan jangkauan jangkauan sekitar 60 mil. Stasiun UHF dengan radius jangkauan 60 mil membutuhkan transmisi pada 3.000.000 watt.

Jadi tidak ada pilihan yang jelas untuk mana yang lebih baik, VHF atau UHF. Ada banyak "sihir hitam" untuk teknologi radio sehingga tidak selalu mudah mengetahui mana yang akan berfungsi lebih baik untuk aplikasi Anda. Untuk membantu Anda memutuskan teknologi terbaik untuk Anda, detail lebih lanjut tentang masing-masing disertakan di bawah ini.

Radio UHF

Peralatan UHF beroperasi antara frekuensi 300 MHz dan 3000 MHz. Sampai saat ini, itu tidak banyak digunakan. Sekarang, frekuensi radio UHF digunakan untuk GPS, Bluetooth, telepon tanpa kabel, dan WiFi.

Ada lebih banyak saluran yang tersedia dengan UHF sehingga di daerah yang lebih padat penduduk UHF mungkin kurang memiliki interferensi dari sistem lain. Jika Anda berada di daerah dengan populasi yang tipis, VHF akan berfungsi dengan baik untuk Anda. Belum lama ini FCC juga membuka frekuensi VHF baru yang disebut MURS yang sejauh ini tidak banyak digunakan di sebagian besar wilayah. Ada lebih banyak tentang MURS di bawah di bagian VHF. Jika Anda berada di daerah di mana gangguan dari radio lain mungkin menjadi masalah, pemancar dan penerima UHF bisa menjadi pilihan terbaik Anda kecuali Anda menggunakan radio MURS VHF. UHF lebih baik dalam menekan melalui penghalang fisik seperti dinding, bangunan, dan lanskap kasar. Apa pun yang menghalangi gelombang radio, akan melemahkan sinyal radio. UHF mengurangi efek itu. Meskipun mungkin tidak melakukan perjalanan sejauh ini, gelombang radio UHF akan melintasi rintangan lebih baik daripada VHF.

Untuk menyoroti perbedaan dalam jangkauan dalam ruangan, di bawah ini adalah kutipan dari brosur pembuat radio dua arah terkemuka pada rentang prediksi salah satu jalur radio genggam VHF dan UHF dua arah mereka:

"Cakupan perkiraan: Pada kekuatan penuh, line-of-sight, tidak ada penghalang kisaran sekitar 4 + mil. Penutupan indoor di VHF adalah sekitar 270.000 kaki persegi dan 300.000 kaki persegi di UHF. Mengharapkan sekitar 20 lantai cakupan vertikal di VHF dan naik hingga 30 lantai di UHF. Catatan: Jangkauan dan cakupan adalah perkiraan dan tidak dijamin. "

Gelombang VHF sangat tidak baik dalam menemukan jalan mereka di sekitar dinding, bangunan, dan lanskap kasar. Oleh karena itu kisaran akan berkurang secara signifikan untuk radio VHF di lingkungan ini. Itu mungkin tidak menjadi masalah jika jarak yang dibutuhkan hanya beberapa ratus kaki. Anda juga dapat menambahkan antena eksternal ke base station VHF indoor yang akan mengurangi atau menghilangkan masalah ini.

Salah satu kelemahan untuk UHF adalah bahwa FCC mengharuskan Anda untuk mendapatkan lisensi untuk beroperasi dalam frekuensi ini. Meskipun banyak frekuensi dalam band bisnis VHF juga membutuhkan lisensi. Jika Anda memilih radio dalam frekuensi VHF MURS, Anda dapat mengoperasikannya tanpa lisensi. Peralatan UHF biasanya lebih mahal. Komponen harus disetel dengan baik dan lebih mahal untuk dibangun. Ini tidak berarti itu selalu lebih baik, lebih mahal.

Salah satu keuntungan dari transmisi UHF adalah gelombang pendek fisik yang dihasilkan oleh frekuensi tinggi. Itu berarti antena di radio bisa lebih pendek dari radio VHF yang setara.

VHF Radio

Peralatan VHF beroperasi antara frekuensi 30 MHz dan 300 MHz. Radio FM, radio dua arah, dan siaran televisi beroperasi dalam kisaran ini.

Baik radio UHF dan VHF rentan terhadap faktor penglihatan, tetapi VHF sedikit lebih tinggi. Gelombang membuatnya melalui pepohonan dan bentang alam yang kasar, tetapi tidak sebaik frekuensi UHF. Namun, jika gelombang VHF dan gelombang UHF ditularkan melalui area tanpa hambatan, gelombang VHF akan melakukan perjalanan hampir dua kali lebih jauh. Hal ini membuat VHF lebih mudah disiarkan dalam jangka panjang. Jika Anda bekerja di luar ruangan sebagian besar, radio VHF mungkin adalah pilihan terbaik, terutama jika Anda menggunakan radio stasiun pangkalan di dalam ruangan dan Anda menambahkan antena eksternal.

Karena VHF telah ada lebih lama dan tidak serumit dibuat, peralatan biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan peralatan UHF yang serupa. Salah satu kerugian pada peralatan ini adalah ukurannya. Karena gelombang frekuensi lebih besar, antena harus lebih besar.

Radio VHF juga memiliki lebih sedikit frekuensi yang tersedia. Interferensi dengan radio lain lebih mungkin menjadi masalah. Namun, FCC baru-baru ini membuat masalah ini kurang ketika mereka membuka frekuensi MURS. Frekuensi 150 MHz adalah spektrum radio Citizens Band yang disebut layanan MURS. MURS adalah singkatan dari Multi-Use Radio Service. Layanan ini untuk digunakan di Amerika Serikat dan Kanada. Ini adalah daya rendah, layanan jarak dekat dalam spektrum radio VHF 150 MHz Citizens Band. Ada 5 saluran dalam frekuensi MURS dengan 38 kode privasi di bawah masing-masing yang memungkinkan Anda untuk hanya mengambil percakapan di kode Anda. FCC tidak mengharuskan pengguna produk untuk MURS dilisensikan.

Dengan MURS Anda dapat menambahkan antena yang lebih besar atau eksternal untuk meningkatkan jangkauan. Jika Anda ingin memasang antena di atas rumah atau bisnis Anda, Anda dapat melakukannya dengan MURS. Beberapa produsen antena mengklaim antena eksternal dapat meningkatkan daya terpancar yang efektif dari pemancar dengan faktor 4. Interkom MURS ini dapat mengirimkan hingga empat mil, dan mungkin lebih banyak dengan antena eksternal tergantung pada medan.

Salah satu manfaat dari radio nirkabel VHF adalah bahwa daya tahan baterai hampir selalu lebih baik daripada unit UHF serupa. Untuk radio genggam, ini adalah nilai plus.

Perlengkapan VHF biasanya lebih murah bagi mereka yang memiliki anggaran. Peralatan dapat lebih ekonomis daripada produk UHF sejenis.

Singkatnya, jika Anda berencana menggunakan radio dua arah Anda terutama di dalam gedung, maka UHF kemungkinan adalah solusi terbaik untuk Anda. Jika Anda terutama menggunakan radio dua arah untuk komunikasi di luar, maka VHF akan menjadi pilihan yang baik. Salah satu teknologi radio dapat bekerja untuk Anda jika Anda tidak memiliki cakupan yang panjang. Dalam hal ini Anda mungkin ingin memilih VHF karena biayanya lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *