Jadi Persis Apa Perbedaan Antara Radio 10 Meter Dan Radio CB?

September 17, 2018 agen piala dunia 2018

Selama beberapa tahun terakhir garis antara radio CB tradisional dan radio 10 meter telah menjadi buram. Frase seperti radio CB 'meteran' dan 'radio ekspor' telah terjalin kembali ke dalam kosakata. Meskipun penggunaan yang luas dari kedua teknologi banyak pengguna tidak tahu apa perbedaan sebenarnya.

CB tradisional beroperasi pada band 11 meter di sekitar 27mhz. Ini memberikannya 40 saluran mulai dari 26.965mhz pada saluran 1 hingga 27.405mhz di saluran 40. Karakteristik khas CB adalah bahwa akses ke frekuensi ini tidak dibatasi oleh FCC dan tersedia bagi siapa saja. Dengan demikian istilah 'Citizens Band'.

Namun meskipun akses tidak dibatasi, penggunaan frekuensi ini adalah masalah lain. Pengguna diminta untuk mematuhi kode perilaku tertentu dan batasan perangkat keras yang berat. Dengan aturan FCC, pemancar CB tidak boleh melebihi 4 watt daya transmisi. Operator yang cerdas dapat menggunakan antena berkualitas tinggi untuk 'keluar' lebih jauh tetapi meningkatkan output dengan hampir semua cara lain dilarang.

Sebaliknya akses radio 10 meter dibatasi tetapi perangkat keras yang diijinkan tidak terbatas. Radio 10 meter beroperasi pada frekuensi mulai dari 28mhz hingga 29.7mhz. Untuk mengakses frekuensi radio 10 meter Anda diminta untuk mendapatkan lisensi radio amatir atau 'ham' dari FCC. Lisensi semacam itu relatif mudah didapat dan biasanya gratis. Radio 10 meter tertentu juga beroperasi pada frekuensi radio FM yang akan membutuhkan lisensi yang lebih maju. Perangkat keras yang terlibat dalam radio 10 meter bisa sangat mengesankan. Tidak seperti komunikasi CB, FCC menganggap band 10 meter dapat diterima untuk komunikasi jarak jauh, banyak radio menawarkan lebih dari 100 kali daya transmisi pemancar CB tradisional.

Jadi mengapa garis antara keduanya menjadi kabur? Banyak operator CB yang tidak menyukai pembatasan berat yang ditempatkan pada output transmisi CB. Produsen menanggapi keinginan ini telah menghasilkan radio 10 meter yang terlihat dan beroperasi persis seperti CB standar. Radio-radio baru ini mudah dimodifikasi untuk beroperasi pada frekuensi radio CB yang mungkin merupakan apa yang dipikirkan oleh pabrikan dan operator ketika dibeli. Penting untuk dicatat bahwa modifikasi tersebut bertentangan dengan aturan FCC.

Istilah 'ekspor radio' digunakan untuk merujuk ke radio radio gaya 10 meter radio baru. Hasil tangkapannya adalah radio-radio ini seharusnya dipasarkan hanya untuk penggunaan ekspor. Banyak negara lain tidak memiliki pembatasan yang sangat ketat dalam hal transmisi tenaga seperti yang dilakukan Amerika Serikat.

Meskipun ada sejumlah besar keinginan publik untuk memungkinkan kekuatan transmisi yang lebih besar di antara pengguna radio CB, FCC sangat tidak mungkin mengubah kebijakannya dalam waktu dekat. FCC menganggap radio CB sebagai perangkat komunikasi jarak dekat dan tidak ingin transmisi bertenaga tinggi mengganggu komunikasi lokal antara operator lain. Sudut pandang ini hampir pasti akan menghalangi perubahan kebijakan kapan saja dalam waktu dekat. Dengan mengetahui perbedaan antara 10 meter dan radio CB, dan bagaimana Anda berniat menggunakan peralatan baru Anda, menentukan model mana yang tepat untuk Anda harus jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *