Apakah Anda Tahu Apa EQ Berarti?

September 21, 2018 agen piala dunia 2018

Berapa kali Anda melihat istilah "EQ" pada radio mobil atau pemutar CD Anda, atau sistem hiburan rumah Anda? Jika Anda baru belajar produksi audio, tidak diragukan lagi Anda telah dibombardir dengan referensi ke berbagai jenis EQ (parametrik, dinamis, dll). Tetapi apakah ada yang pernah memecahnya untuk Anda dengan siapa pun bisa mengerti? Biarkan saya melihat apakah saya dapat melakukannya untuk Anda di artikel ini.

Beberapa orang hanya mengambil informasi lebih baik jika dijelaskan dengan sangat sedikit istilah teknis, terlepas dari pendidikan atau intelek. Heck, saya memiliki gelar sarjana dan gelar master, dan saya masih benci membaca deskripsi terlalu teknis. Jadi dalam semangat itu, mari kita bicara tentang sesuatu yang secara membingungkan disebut "pemerataan," atau "EQ" singkatnya. Lihat, nama itu sendiri tidak terlalu deskriptif, saya rasa tidak. Inilah yang sebenarnya. Siap untuk ini?

EQ mengubah volume ke atas atau ke bawah. Itu cukup banyak. Terlalu luas? OK, biarkan saya menambahkan satu hal lagi. EQ mengubah volume ke atas atau ke bawah pada tombol bass dan / atau treble. Saya dengan senang hati menggunakan kedua istilah terakhir karena Anda melihat mereka di stereo mobil Anda sepanjang hidup Anda, jadi saya membuat asumsi Anda telah bermain dengan mereka dan agak tahu perbedaan antara bass dan treble.

Bukankah itu artikel yang informatif? Oh, kamu butuh sedikit lagi? Ah, Anda ingin tahu mengapa itu berguna, atau setidaknya mengapa Anda harus peduli. Oh, baiklah; jika Anda bersikeras. Mari kita ambil contoh paling mudah yang dapat saya pikirkan … stereo mobil Anda. Kontrol EQ yang paling mendasar adalah bass dan treble. Jika Anda sedang mendengarkan hip-hop, Anda dapat menikmati memutar knob (atau slider) ke atas karena akan membuat kick drum dan bass synth atau gitar jauh boomier. Anda sebenarnya bisa merasa bass itu sekarang. Di sisi lain, katakanlah Anda hanya ingin mendengarkan permainan bola basket di radio. Jika bass Anda dinaikkan, suaranya mungkin terdengar berlumpur dan sulit dimengerti. Putar kembali bass dan mungkin menabrak treble sedikit. Bingo, Anda sekarang dapat mendengar suara jauh lebih baik. Itu akan lebih jelas dan mudah dimengerti.

Apakah Anda mendapatkan ide itu? Terkadang orang memutar kedua tombol bass dan treble ke atas. Yah, ini tidak benar-benar mencapai apa pun kecuali untuk melakukan apa yang mengubah "volume"Knob up akan selesai! Sekarang Anda mengerti? Perbedaan antara kontrol volume utama dan kontrol EQ adalah bahwa EQ menyesuaikan HANYA bass atau treble secara independen, sementara volume memutar SEMUA (bass dan treble) naik atau turun .

Sekarang saya merasa Anda bisa menangani istilah baru … "frekuensi. "Ketika kita mengatakan bas, maksud kami suara dalam frekuensi rendah dari sebuah lagu. Tiga kali lipat berarti frekuensi yang lebih tinggi. EQ yang lebih canggih memungkinkan Anda untuk mengontrol lebih dari sekedar bass dan treble, menambahkan beberapa frekuensi di antara keduanya, seperti "tengah" atau "menengah ke bawah"dan"menengah ke atas". Jelas ini memberi Anda lebih banyak kendali atas bagian mana dari suara yang Anda putar ke atas atau ke bawah.

Ada cukup banyak belajar tentang EQ dan frekuensi. Tapi untuk sekarang, ambil pelajaran yang berguna ini: jika Anda ingin mengesankan teman-teman Anda dengan apa itu audio-geek Anda, jangan pernah memutar semua kenop EQ atau slider semua jalan naik atau turun pada saat yang sama, atau yang lain semua Anda sudah dilakukan adalah mengubah volume master naik atau turun. Coba putar satu dan satu ke bawah untuk melihat bagaimana kedengarannya. Atau coba pindahkan hanya satu kontrol ke atas atau ke bawah dan keluarkan yang satunya saja. Itu akan membuat Anda tampak lebih keren;). Dalam waktu yang berarti Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang audio di Home Brew Audio. Datanglah untuk berkunjung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *